Thursday, October 4, 2018

NEW SERIES: SCP FOUNDATION


APA ITU SCP?

SCP (singkatan dari Secure, Contain, Protect) Foundation adalah yayasan atau organisasi rahasia yang beroperasi di luar yuridiksi dan didukung serta dipercaya pemerintah dalam hal mengamankan objek-objek, makhluk-makhluk, serta fenomena-fenomena yang bersifat anomali.

Yayasan ini beroperasi demi mempertahankan kenormalan sehingga para penduduk sipil dapat menjalankan kehidupannya tanpa rasa takut, curiga, ataupun ragu pada kepercayaan pribadi masing-masing, serta untuk memelihara kemandirian manusia dari pengaruh ekstraterestrial, ekstradimensional, dan ekstranormal.

Sesuai dengan namanya, SCP Foundation memiliki 3 tujuan utama:

Secure (Mengamankan)

Yayasan mengamankan anomali dengan tujuan mencegah anomali-anomali tersebut jatuh ke tangan-tangan penduduk sipil atau agen-agen saingan, melalui observasi dan pengamatan secara luas.



Contain (Menahan)

Yayasan menahan anomali dengan tujuan mencegah pengaruh atau efeknya menyebar, dengan cara memindahkan, menyembunyikan, atau membongkar anomali tersebut termasuk tidak menyebarkan ke publik.



Protect (Melindungi)

Yayasan melindungi umat manusia dari efek anomali serta anomali itu sendiri hingga anomali tersebut dapat dimengerti secara menyeluruh atau sebuah teori sains baru ditemukan berdasarkan sifat dan kebiasaan anomali. Jika anomali tersebut terlalu berbahaya untuk ditahan, yayasan berhak menetralisir atau menghancurkannya.



Anomali-anomali tersebut dapat mengambil wujud sebagai benda, makhluk, tempat, atau fenomena. Mereka dikategorikan menjadi beberapa kelas objek menurut tingkat kesulitan dalam menahannya.



KELAS OBJEK

Safe

SCP kelas Safe merupakan anomali yang mudah ditangkap dengan aman, dan tidak menimbulkan bahaya kecuali dipicu. Meskipun sebuah SCP tergolong Safe, bukan berarti SCP tersebut tidak mengancam jiwamu.



Euclid

SCP kelas Euclid merupakan anomali yang memerlukan usaha lebih untuk menahannya dan penahanan SCP ini tidak selalu berarti aman. Biasanya karena SCP-nya tidak cukup dimengerti dan bersifat tidak mudah ditebak. SCP yang bersifat otonom, hidup, atau cerdas biasanya diklasifikasikan sebagai Euclid, dilihat dari sifatnya yang tidak mudah ditebak dan bagaimana ia mampu bergerak dan berpikir secara mandiri.



Keter

SCP kelas Keter merupakan anomali yang sangat sulit untuk ditahan. Yayasan kadang tidak mampu menahan SCP ini dengan baik karena tidak memiliki pengetahuan yang baik tentang anomali tersebut, serta belum cukup majunya teknologi yang dimiliki untuk melawan SCP kelas ini. SCP Keter tidak selalu berarti berbahaya, namun sangat sulit mengamankan dan menahannya.



Thaumiel

SCP kelas Thaumiel merupakan anomali yang digunakan yayasan untuk menahan atau menetralkan SCP atau anomali lain. Keberadaan kelas Thaumiel diklasifikasikan Yayasan sebagai SCP level tertinggi.



Neutralized

SCP yang telah dinetralkan adalah anomali yang tidak lagi anomali, entah itu akibat dihancurkan atau ditiadakan secara sengaja maupun tidak sengaja.



THE LOCKED BOX TEST

The Locked Box Test atau Tes Kotak Terkunci adalah semacam metode tidak resmi untuk menentukan kelas objek suatu anomali. Tesnya itu seperti ini:

·         Jika SCP dikunci di dalam kotak, ditinggal, dan tidak ada hal buruk terjadi, maka kemungkinan kelas objeknya adalah Safe.

·         Jika SCP dikunci di dalam kotak, ditinggal, dan kau tidak yakin apa yang kira-kira akan terjadi, maka kemungkinan kelas objeknya adalah Euclid.

·         Jika SCP dikunci di dalam kotak, ditinggal, dan ia kabur dengan mudah, maka kemungkinan kelas objeknya adalah Keter.

·         Jika SCP itu adalah kotaknya, maka kemungkinan kelas objeknya adalah Thaumiel.

Ingatlah bahwa SCP yang bersifat otonom, hidup, dan cerdas biasanya adalah Euclid. Karena, jika makhluk hidup dikunci di dalam kotak dan ditinggal, makhluk itu akhirnya akan kehabisan napas atau mati kelaparan, dan itu bukanlah hasil yang baik. Sesuatu yang cerdas juga bisa cukup pintar untuk mengecoh prosedur keamanan atau berhenti bekerja sama dengan usaha yayasan untuk menahannya, membuatnya semakin berbahaya.


Daftar SCP yang telah diketahui:
SCP 001 - Awaiting De-classification [Blocked]


Photo: https://www.redbubble.com/people/magentablimp/works/22312144-scp-foundation-in-black?p=poster

No comments:

Post a Comment