Monday, February 16, 2015

Tentang Ghoul


Teman-teman pernah mendengar tentang ghoul? Jujur saja Am sama sekali belum pernah mendengar soal makhluk ini sebelum menyaksikan anime yang berjudul Tokyo Ghoul. Tapi sekarang, Am bukan akan membahas mengenai anime itu, melainkan tentang ghoul itu sendiri.
Nama ghoul berasal dari bahasa Arab, ‘ghul’ (غول), dari kata ‘ghala’, yang berarti merebut. Ghoul memang makhluk mitologi yang berasal dari Arab.
Kalau diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia, ghoul berarti makhluk perampok mayat. Tapi, menurut anime Ao no Exosrcist, ghoul adalah iblis yang merasuki mayat. Dalam The Holder of the Path pun, disebutkan kalau Holder-nya adalah sesosok ghoul, tapi Am menerjemahkannya menjadi mayat iblis.
Konon, seperti terjemahan bahasa Inggrisnya, ghoul ini adalah makhluk yang suka menjajah kuburan baru dan memakan mayat yang ada di dalamnya. Ghoul suka memakan daging manusia, menculik anak-anak, dan meminum darah. Beberapa sumber mengatakan kalau ghoul sering diklasifikasikan sebagai mayat hidup dan dapat mengubah dirinya menjadi seekor hyena.
Habitat ghoul ada di ruang bawah tanah gunung berapi atau di kuburan. Terkadang ghoul ada di gurun pasir atau tempat asing yang sudah lama ditinggalkan, lalu memikat mangsanya agar menuju ke sana.
Mungkin ghoul ini termasuk semacam makhluk cryptid. Sekilas agak mirip dengan The Rake. Atau cuma perasaan Am saja ya mereka mirip? Ghoul punya tubuh yang besar tak masuk akal dengan kepala botak, mulut lebar, gigi tajam, mata keji, wajah menyeramkan, dan  kuku-kuku yang runcing seperti pisau.
Mungkin kalian yang sudah menonton Tokyo Ghoul berharap kalau makhluk bernama ghoul itu sekeren Ken Kaneki.

Wow

Tapi jangan kecewa kalau mereka ternyata seperti ini.

Well...

...okay...

...then. ._.

Benar-benar beda ya? Tapi mereka punya persamaan, yaitu sama-sama bertahan hidup dengan memangsa manusia. Hidup ataupun mati. Nah, apakah mereka benar-benar ada? Terserah pada kalian untuk mempercayainya, atau tidak. :)


5 comments:

  1. Dalam kegelapan malam, sosok-Nya ditakuti oleh siapapun baik yang bernafas maupun tidak. Dia selalu berada di jalan sempit gelap disela-sela gedung pencakar langit kota. Ia bahkan ditakuti oleh tokoh-tokoh horror Lokal seperti kuntilanak maupun ghoul ini. Siapapun yang memandang langsung seringainya akan menuju ke-alam penyiksaan yang disinkronkan dengan kerasukan pada dirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Am boleh tau siapakah DIA yang kakak maksud itu? :)

      Delete
  2. blognya keren Am, sederhana tapi berkonsep..
    misterius mencerminkan Am banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Makasi Rizka. XD
      Am bakal kunjungi balik deh. ><

      Delete
  3. Anthropophagi kah? Makhluk yg ada di buku "The Monstrumologist"

    ReplyDelete