Wednesday, October 18, 2017

URBAN LEGEND: POLYBIUS



Dulu pada tahun 1980-an, jika orang-orang ingin bermain game komputer, mereka harus mencari mesin permainan arkade yang berdiri sendiri. Game Polybius sepertinya dirilis tahun 1981 di Portland, Oregon.

Mesin itu berwarna hitam dan satu-satunya hiasannya adalah nama Polybius dengan huruf-huruf yang terang di bagian atas mesin. Hanya ada satu tombol dan satu joystik yang digunakan dalam permainan. Konon Polybius adalah game puzzle/tembak-tembakan, agak mirip dengan Tempest, dimana kau mengemudikan kapal laut yang bergerak di layar dan menembak untuk menghancurkan musuh.

Sepertinya Polybius menjadi sangat terkenal. Game ini benar-benar adiktif dan orang-orang akan mengatre panjang, menunggu untuk memainkannya. Tetapi, ada sesuatu yang
menyeramkan tentang game ini. Para pemain diberitakan mengalami hal-hal yang ganjil, seperti mendengar suara seorang wanita menangis dan melihat wajah-wajah aneh di sudut mata mereka. Beberapa melihat pesan tersembunyi yang mengganggu berkedip di layar, mengatakan hal-hal semacam, “Mati sana”.

 Setelah bermain, orang-orang akan mengalami mimpi buruk yang mengerikan, bangun dengan panik. Yang lain mengalami mual ekstrim, konvulsi, dan muntah-muntah. Ada yang merasakan sakit kepala, tidak sadarkan diri, berhalusinasi atau bahkan amnesia berlanjut. Beberapa orang yang kurang beruntung bahkan bunuh diri.

Menurut pemilik salah satu mesin arkade, pria misterius berjas hitam sering datang untuk mengumpulkan rekaman permainan. Mereka tidak mengumpulkan uang sepeser pun, hanya data dari gameplay dan dalam beberapa kasus, mereka akan merubah setelannya. Karena itu, teori terkemuka mengatakan bahwa game ini adalah semacam eksperimen pemerintahan yang menggunakan pesan tersembunyi untuk mencuci otak orang-orang dan mengendalikan pikiran mereka.

Game ini berakhir dengan tidak jelas karena sekitar sebulan setelah perilisannya, boks-boks game tersebut tiba-tiba saja menghilang. Satu boks muncul kembali tahun 1998, namun menghilang kembali dengan cepat. Saat beberapa orang mencoba untuk memprogram kembali game ini, tidak seorang pun pernah menemukan ROM aslinya. ROM itu mungkin dibuat oleh sebuah perusahaan misterius bernama SinneslÓ§schen (yang dalam bahasa Jerman berarti “Penghapusan Rasa”).

Sebuah episode kartun The Simpsons mengandung referensi dari Polybius.


 Source: http://www.scaryforkids.com/polybius/
Translate: Ambrosia Perish

No comments:

Post a Comment