Saturday, October 21, 2017

KOREAN URBAN LEGEND: FAN DEATH



Di Korea Selatan, ada mitos yang sangat aneh tentang kipas angin. Banyak sekali orang Korea yang percaya bahwa kipas angin dapat menyebabkan kematian. Mereka mengira jika kau membiarkan sebuah kipas angin listrik hidup sepanjang malam di sebuah ruangan dengan pintu dan jendela tertutup, kau bisa mati dalam tidurmu.

Karena hal ini, semua kipas angin di Korea Selatan diproduksi dengan timer otomatis yang akan mematikan kipas angin di menit-menit tertentu.

Beberapa orang percaya bahwa kipas angin menciptakan ruang hampa dan menyedot oksigen ruangan, menyebabkanmu mati karena sesak napas. Yang lain percaya bahwa kipas angin menurunkan suhu ruangan, menyebabkanmu mati beku atau terserang hipotermia.

Sayangnya, sebenarnya, kipas angin tidak bisa membunuhmu. Korea Selatan adalah
satu-satunya negara yang percaya dengan kematian karena kipas angin. Para ilmuwan setuju bahwa kipas angin tidak menurunkan suhu yang cukup untuk membunuhmu atau menghilangkan oksigen yang cukup untuk membuatmu sesak. Tidur di kamar dengan kipas angin itu benar-benar aman.

Di samping fakta bahwa banyak orang Korea yang cerdas dan terdidik, kepercayaan aneh ini masih bertahan. Koran-koran Korea bahkan terkadang membawakan cerita tentang orang-orang yang mati karena kipas angin. Simak contoh dari seorang Penyiar Korea di tahun 2011:

“Seorang pria dilaporkan tewas pada Senin pagi selepas tidur dengan kipas angin listrik yang menyala. Korban yang berusia 59 tahun, yang diketahui bermarga Min, ditemukan tewas dengan kipas angin yang berhadapan dengannya secara langsung.”

Ada sebuah cerita tentang beberapa mahasiswa Amerika yang memutuskan untuk mengerjai teman Korea mereka. Saat mereka mengetahui kepercayaannya tentang mitos kematian akibat kipas angin, mereka menggodanya dengan tidur di ruangan tertutup dengan kipas angin listrik menyala. Ia memohon pada mereka untuk tidak membuang nyawa dan tidur sepanjang malam di koridor. Di pagi hari, saat ia bangun dan semua teman-temannya selamat, orang Korea itu curiga. “Aku tahu kalian mengerjaiku,” katanya. “Kalian pasti sudah membuka jendela kemarin malam!”

Tapi ini bukanlah hal yang tidak umum. Setiap negara di dunia memiliki kepercayaan aneh mereka masing-masing.

Di Cina mereka mengira bahwa duduk di atas kloset yang hangat akan membuatmu terkena ambeien. Orang Inggris percaya bahwa duduk di permukaan dingin dapat menyebabkan ambeien. Di Peru, orang-orang berpikir bahwa berdiri terlalu lama di depan kulkas bisa menyebabkan kanker. Di Republik Ceko, orang-orang pikir meminum air setelah makan buah menyebabkan masalah pencernaan. Di Filipina, para ibu akan melarang anak-anak mereka mengenakan pakaian merah selama badai berlangsung. Mereka takut hal itu akan membuat mereka tersambar petir.

Tetap saja, ada satu hal yang harus kau ingat: Jika kau pergi ke Korea Selatan dan menaruh kipas angin di ruangan tertutup dengan seseorang, akan ada kemungkinan kau ditangkap dengan tuduhan percobaan pembunuhan! :P


Source: http://www.scaryforkids.com/fan-death/
Translate: Ambrosia Perish

No comments:

Post a Comment