Saturday, October 31, 2015

FAKTA-FAKTA MENARIK TENTANG HALLOWEEN



Halloween dataaanggg!!!

Sudah siap untuk trick or treat? Yah, mungkin Indonesia gak ngerayain Halloween, tapi gak ada salahnya kan Am menulis artikel dadakan ini karena Am suka Halloween. Ngomong-ngomong Am sih merayakan ya, soalnya jurusan Am ngadain bazaar yang temanya Halloween Party dan Am adalah salah satu panitia di sana. Kostum? Am udah pasti make. XD

Artikel yang ngebut Am buat ini memuat tentang fakta-fakta menarik tentang Halloween, sebagai perayaan Halloween hari ini. Ayo silahkan dicek!



1.      Karena film Halloween (1978) memerlukan anggaran yang ketat, para kru harus
menggunakan topeng termurah yang bisa mereka temukan untuk karakter Michael Meyers, yang akhirnya menjadi topeng William Shatner dari Star Trek. Shatner awalnya tidak tahu topengnya mirip, tapi ketika ia menyadari itu beberapa tahun kemudian, ia berkata kalau ia merasa terhormat.

2.      Jack O’Lantern pertama sebenarnya terbuat dari lobak.

3.      Halloween adalah hari libur komersial terlaris kedua setelah Natal.

4.      Kata “witch” (penyihir wanita) berasal dari istilah Inggris Kuno wicce yang berarti “wanita yang bijak”. Kenyataannya, wiccan adalah orang yang sangat dihormati saat itu. Menurut kepercayaan populer, penyihir wanita mengadakan satu dari dua rapat pentingnya, atau sabat, di malam Halloween.

5.      Samhainophobia adalah ketakutan terhadap Halloween.



6.      50% anak-anak memilih untuk menerima permen coklat untuk Halloween dibandingkan dengan 24% yang memilih permen non-coklat dan 10% yang memilih permen karet.

7.      Burung hantu adalah imej populer Halloween. Di Abad Pertengahan Eropa, burung hantu diajarkan untuk menjadi penyihir, dan mendengar panggilan burung hantu berarti seseorang akan mati.

8.      Menurut legenda Irish, Jack O’Lantern dinamai setelah seorang pria pelit bernama Jack yang karena ia menipu iblis berkali-kali, ia dilarang untuk memasuki surga maupun neraka. Ia dihukum untuk berkeliaran di bumi, melambaikan lenteranya untuk menjauhkan orang-orang dari jalan mereka.

9.      Labu terberat yang pernah diukur ditanam oleh Norm Craven, yang memecahkan rekor dunia pada tahun 1993 dengan berat 538 lb.

10.  Stephen Clarke memegang rekor mengukir labu tercepat di dunia dengan waktu 24,03 detik mengalahkan rekornya sebelumnya, 54, 72 detik. Peraturan lomba itu menegaskan bahwa labu harus berberat kurang dari 24 pon dan diukir secara tradisional yang memuat paling tidak mata, hidung, telinga, dan mulut.


11.  Kegiatan trick or treat merupakan evolusi dari tradisi Celtic Kuno yakni menempatkan suguhan dan makanan untuk menenangkan roh-roh yang berkeliaran di jalan-jalan di Samhain, festival suci yang menandakan akhir dari kalender tahunan Celtic.

12.  Souling adalah adalah peloporan dari Kristen Abad Pertengahan untuk kegiatan trick or treat modern. Di Hallowmas (1 November), orang miskin akan pergi dari pintu ke pintu menawarkan doa untuk orang yang sudah mati sebagai ganti untuk soul cake.

13.  Diketahui kegiatan trick or treat pertama kali disebut secara tercetak di Amerika Utara pada tahun 1927 di Blackie, Alberta, Canada.

14.  Halloween adalah kependekan dari Hallows Eve atau Hallows Evening, yang mana adalah malam sebelum All Hallows (kudus dan sakral) Day atau Hallowmas pada 1 November. Sebagai usaha untuk mengubah kepaganan, gereja Kristen memutuskan Hallowmas atau All Saints’s Day (1 November) dan All Soul’s Day (2 November) harus dibaurkan dengan hari suci pagan yang jatuh di sekitar tanggal 31 Oktober.

15.  Hitam dan jingga sering diasosiasikan dengan Halloween. Jingga adalah simbol kekuatan dan daya tahan, bersama dengan coklat dan emas, diartikan sebagai musim panen dan gugur. Hitam adalah simbol khas kematian dan kegelapan dan bertindak sebagai pengingat bahwa Halloween adalah festival yang menandakan batas antara kehidupan dan kematian.


16.  Ireland dipercaya sebagai tempat lahirnya Halloween.

17.  Bersama hubungannya dengan festival Celtic Kuno Samhain (pelopor Halloween) dan kemudian dengan penyihir, kucing memiliki tempat permanen di Legenda Halloween. Selama perayaan kuno Samhain, para Druid dikatakan melempar kucing ke dalam api, seringkali, dengan kandang anyaman, sebagai bagian dari prosedur ramalan.

18.  Orang-orangan sawah, perlengkapan Halloween yang populer, melambangkan akar agrikultur kuno dari hari suci.

19.  Halloween memiliki beragam nama seperti All Hallows Eve, Witches Night, Lamswool, Snap-Apple Night, Samhain, dan Summer’s End.

20.  Halloween dipengaruhi oleh festival Romawi Kuno Pomona, yang mana merupakan perayaan untuk dewi panen dengan nama yang sama. Banyak kostum dan permainan Halloween yang menonjolkan apel (seperti mengangguk pada apel) dan kacang saat itu. Sebenarnya dulu Halloween pernah dinamai San-Apple Night dan Nutcrack Night.


21.  Para gadis Skotlandia percaya bahwa mereka bida meliat sosok dari suami masa depan mereka jika mereka menggantung sprei basah di depan api saat Halloween. Gadis-gadis lain percaya mereka akan melihat wajah kekasih mereka jika mereka melihat ke cermin seraya berjalan menuruni di tengah malam saat Halloween.

22.  Karena kaum Protestan di Inggris tidak mempercayai santa-santa Katolik, ritual yang secara tradisional diasosiasikan dengan Hallowmas (atau Hallowen) akhirnya diasosiasikan dengan Guy Fawkes Night. Inggris mendeklarasikan Guy Fawkes Night 5 November untuk memperingati penangkapan dan eksekusi Guy Fawkes, yang mewakili konspirasi untuk meledakkan parlemen pada 1605 dengan maksud mengembalikan Raja Katolik.

23.  Harry Houdini (1874-1926) adalah salah satu dari pesulap paling terkenal dan paling misterius yang pernah hidup. Cukup aneh, ia wafat pada tahun 1926 di malam Halloween karena peradangan usus buntu akibat tiga pukulan di perutnya.

24.  Menurut tradisi, jika seseorang yang memakai pakaiannya terbalik kemudian berjalan mundur saat Halloween, ia akan melihat penyihir di tengah malam.

25.  Meksiko merayakan Hari Orang Mati (Dias de los Muertos) di hari suci Kristen All Saints Day ( 1 November) dan All Souls Day (2 November) daripada Halloween. Orang-orang kota berdandan seperti ghoul dan berparade di jalan.


26.  Selama pra perayaan Halloween Samhain, bonfire (api unggun) dinyalakan untuk meyakinkan matahari akan kembali setelah musim dingin yang panjang dan keras. Seringkali para pendeta Druid akan melempar tulang-tulang ternak ke dalam api, karenanya kata bone (tulang) fire (api) menjadi bonfire (api unggun).

27.  Berdandan seperti ghoul dan makhluk menyeramkan lainnya berasal dari tradisi Celtic Kuno, orang-orang kota menyamar sebagai iblis dan arwah. Kaum Celtic percaya bahwa menyamar seperti ini memudahkan mereka untuk kabur dari perhatian arwah-arwah asli yang berkeliaran di jalan selama Samhain.

28.  Federasi Eceran Nasional menduga konsumer di tahun 2010 menghabiskan 66,28 dollar perorang—yang totalnya sekitar 5,8 milyar dollar—untuk kostum Halloween, kartu, dan permen. Lebih dari 56,31 dollar pada tahun 2009 dan membawa pengeluaran kembali ke level 2008.

29.  Menurut Federasi Eceran Nasional, 40,1% dari mereka disurvey berencana mengenakan kostum Halloween pada tahun 2010. Di tahun 2009, ada 33,4%. 33% akan mengadakan atau mendatangi pesta.

30.  Pada tahun 2010, 72,2% dari mereka disurvey oleh Federasi Eceran Nasional akan membagikan permen, 49,3% akan mengukir labu, 20,8% akan mengunjungi rumah hantu dan 11,5% akan mendandani hewan peliharaan mereka.


31.  Halloween digagaskan dari sekitar 4000 tahun Sebelum Masehi, yang berarti Halloween sudah ada selama lebih dari 6000 tahun.

32.  Tahun 1974, bocah 8 tahun Timothy O’Brian mati akibat keracunan sianida setelah memakan permen Halloween. Investigator kemudian mempelajari bahwa ayahnya sudah mengambil asuransi hidup politik 20000 dollar dari setiap anaknya dan ia telah meracuni anak laki-lakinya sendiri serta juga berusaha meracuni anak perempuannya.

33.  Teng Chieh atau Festival Lentera adalah satu dari festival Halloween di China. Lentera yang dibentuk seperti naga dan hewan lain digantung di sekitar rumah dan jalan untuk membantu membimbing roh-roh kembali ke rumah asal mereka. Untuk menghormati mendiang tercinta, anggota keluarga meninggalkan makanan dan air di dekat potret leluhur mereka.

34.  Tahun 1970, bocah 5 tahun, Kevin Toston diduga memakan permen dengan heroin. Investigator akhirnya menemukan bahwa heroin itu milik paman Kevin dan tidak dimaksudkan untuk permen Halloween.

35.  Perayaan Halloween di Hong Kong terkenal sebagai Yue Lan atau Festival Hantu Lapar dimana api dihidupkan dan makanan serta hadiah-hadiah ditawarkan untuk menenangkan hantu-hantu marah yang mungkin ingin membalas dendam.


36.  Keduanya, Salem, Massachusetts dan Anaka, Minnesota menyatakan diri sebagai ibukota Halloween di dunia.

37.  Boston, Massachusetts, memegang rekor untuk Jack O’Lantern terbanyak yang dinyalakan secara bersamaan (30128).

38.  Parade Desa Halloween di kota New Yourk adalah parade Halloween terbesar di Amerika Serikat. Parade itu memuat 50000 peserta dan menarik lebih dari 2 juta penonton.

39.  Di banyak negara seperti Prancis dan Australia, Halloween dipandang sebagai pengaruh Amerika yang terlalu komersil dan tidak diinginkan.

40.  Anak-anak dua kali lipat lebih mudah terbunuh sebagai pejalan kaki atau kecelakaan mobil saat Hallowen dibandingkan malam-malam lain.




Nah, itu dia fakta-fakta menarik seputar Halloween untuk teman-teman. Yang mana menurutmu paling menarik?

Ngomong-ngomong apakah teman-teman merayakan Halloween hari ini? Kalo mau merayakan Halloween bersama Am, datang saja ke ESA’s Bazaar, di Warung Madu Sedana, Jalan Batur Sari no. 25, Sanur, Denpasar. Ada stand tarot juga loh. Hehehe.

Sampai jumpa lagi di postingan Am berikutnyaa... :*

3 comments: